Home » Blog » Kursus Menyelam di Bali dan Jelajahi Keindahan Pantainya!

Kursus Menyelam di Bali dan Jelajahi Keindahan Pantainya!

Kursus Menyelam di Bali

Sudah menjadi rahasia umum, jika Bali memiliki banyak pantai yang indah, sehingga wisatawan asing pun tertarik. Anda yang akan liburan ke pulau Dewata, pastikan mengeksplor pantai-pantai dengan pemandangan yang indah. Bagi Anda yang belum pernah menyelam, sebaiknya ikut kursus menyelam di Bali dulu, agar lebih nyaman.

Mengenal Peralatan Menyelam

Sebelum mengikuti kursus, ada baiknya Anda mengenal beberapa perlengkapan yang digunakan saat menyelam, seperti berikut:

1. BCD – Buoyancy Control Device

Saat menyelam, Anda wajib menggunakan jaket BCD. Selain untuk melindungi diri, jaket BCD ini menetralkan keseimbangan saat di dalam air. Hal ini lantaran jaket tersebut akan dihubungkan dengan selang inflator oksigen. Jaket BCD memiliki tombol deflate dan inflate untuk mengatur tekanan udara saat menyelam.

Anda bisa menekan tombol tersebut sesuai dengan kebutuhan. Apabila ingin menyelam lebih dalam, maka bisa menekan tombol deflate. Sedangkan, tombol inflate bisa Anda gunakan untuk naik ke permukaan.

2. Regulator

Kursus menyelam di Bali tentu akan memberikan regulator kepada para peserta, agar bisa mengenali dan menggunakan perlengkapan tersebut. Alat ini sangat penting, karena memudahkan Anda untuk bernapas saat di dalam laut. 

Instruktur selam akan mengajarkan penyelam untuk mengatur katup oksigen, sehingga bisa bernapas dengan nyaman.

3. Masker

Supaya saat menyelam Anda bisa melihat pemandangan laut dengan nyaman, maka wajib menggunakan masker menyelam. Umumnya, desain masker melindungi area mata dan hidung. Agar air laut tidak masuk ke mata saat menyelam, pastikan Anda menggunakan masker yang sesuai dengan ukuran dan struktur wajah Anda.

4. Fins

Saat mengikuti kursus menyelam di Bali, Anda juga akan dilengkapi dengan sepatu katak atau istilah kerennya fins. Sepatu ini terinspirasi dari kaki katak, sehingga bentuknya pipih dan berukuran panjang. 

Memakai fins saat menyelam akan memudahkan Anda untuk melaju di dalam air. Fins juga akan sangat bermanfaat saat Anda berenang melawan arus, karena akan membuat gerakan lebih mudah.

5. Pressure Gauge

Ketika menyelam, penting untuk membawa perlengkapan pressure gauge. Alat ini bisa menunjukan posisi kedalaman saat Anda sedang menyelam. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan pasokan oksigen yang Anda miliki. Hal ini tentu bisa menghindari risiko kehabisan oksigen saat menyelam.

6. Tangki Scuba

Perlengkapan selam berikutnya yang tidak kalah penting, yaitu tangki scuba. Ukuran tangki ini bermacam-macam, karena bisa menyesuaikan kebutuhan penyelam. Apabila semakin panjang ukuran tangki, maka akan semakin banyak pula kapasita gas di dalamnya.

Tangki scuba biasanya berisi campuran nitrogen dan oksigen. Oksigen yang digunakan yaitu sekitar 21% dan sisanya adalah nitrogen. Apabila saat mengikuti kursus menyelam di Bali Anda mendapati tangki scuba mengeluarkan aroma busuk, seperti bau telur atau asam, segera beritahu instruktur selam Anda.

Rekomendasi Tempat Menyelam Terbaik di Bali

Dibawah ini, merupakan jajaran tempat menyelam dengan pemandangan memukau di Bali yang sayang jika Anda lewatkan:

1. Nusa Penida

Nusa Penida Bali

Anda yang ingin menyaksikan sendiri keunikan ikan pari manta dan mola-mola, bisa datang ke Nusa Penida. Selain itu, Anda juga bisa melihat keindahan terumbu karang, anemone, crystal bay, dan lain-lain.

Tidak heran jika tempat ini menjadi tujuan banyak penyelam profesional, karena memang menyajikan pesona alam laut yang menakjubkan.

2. Pulau Menjangan 

Menjangan Island

Setelah mengikuti kursus menyelam di Bali, Anda bisa pergi menyelam ke pulau Menjangan. Selain bisa menyaksikan koral-koral yang indah, Anda juga bisa melihat hewan laut, seperti ikan kelelawar, ikan kakap, belut laut, penyu, dan hewan laut cantik lainnya.

3. Tulamben

Tulamben Bali

Pada saat perang dunia ke II, kapal Amerika Serikat karam di daerah Tulamben. Bangkai kapal ini menjadi rumah bagi para biota laut, sehingga menjadi spot favorit para penyelam. 

Saat menyusuri kedalam laut Tulamben, Anda bisa menemukan ikan nudibranch langka, udang harlequin, dan juga pipefish dengan bentuknya yang sangat unik.

Tertarik Kursus Menyelam di Bali?

Ada banyak jasa kursus menyelam di Bali yang bisa Anda temukan dengan mudah. Namun, pastikan Anda memilih tempat kursus yang memiliki instruktur profesional dan sudah memiliki sertifikat. Pertimbangan ini penting untuk keamanan Anda saat menyelam ke dalam laut sendiri.

Share this Article